Jumat, 17 Oktober 2014

Siapa Layak Dapat Bantuan Traktor dan Rice Transplanter

Sumber : Tabloid Sinar Tani
 


Tahun ini Kementerian Pertanian memberikan bantuan ribuan traktor roda 2, rice transplanter, pompa air, chopper dan cultivator. Siapa dan pemda mana yang layak dapat bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) ini?


Teknologi di bidang alat dan mesin pertanian (alsintan) telah berkembang pesat. Permintaan alsintan pun meningkat. Sayangnya harga alsintan umumnya belum terjangkau oleh petani. Kementerian Pertanian pun terus berupaya memfasilitasi kebutuhan alsintan tersebut.

Pada Tahun Anggaran 2014 ini, bantuan alsintan ditujukan terutama untuk mendukung kegiatan pencapaian target produksi tanaman pangan, khususnya beras, dalam rangka pencapaian surplus beras sebesar 10 juta ton pada tahun 2014. Salah satu strategi peningkatan produksi tersebut adalah penyempurnaan manajemen teknis yang di antaranya adalah percepatan pengolahan tanah dan penanaman secara serentak.
Direktur Alsintan Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Suprapti mengharapkan penyediaan alsintan ini dapat meningkatkan kemampuan petani dalam peningkatan produksi dalam kuantitas maupun kualitas secara lebih efektif dan efisien.
Menurutnya alsintan memiliki peranan penting dalam kegiatan usaha tani yakni untuk memberikan mutu hasil yang lebih baik dan dilakukan dengan lebih efisien dan efektif. Dalam kegiatan pengolahan tanah, alsin traktor roda 2 dapat berkontribusi dalam upaya peningkatan intensitas pertanaman di berbagai ekologi lahan. Selain itu melalui pemanfaatan alsintan akan mendukung upaya pemecahan masalah kelangkaan tenaga kerja di sektor pertanian yang banyak terjadi di daerah.
Pada sisi lain, kondisi sosial ekonomi masyarakat di pedesaan yang berbeda-beda serta mahalnya harga alsintan, menimbulkan beragamnya proses kepemilikan alsintan oleh petani baik secara pribadi maupun kelompok. Karena itu pemerintah kembali menggulirkan program bantuan alat dan mesin pertanian berupa traktor roda 2, rice transplanter, pompa air, chopper dan cultivator melalui sumber dana APBN Tahun Anggaran 2014.
Traktor Roda 2
Rice Tranplanter



















Khusus alsin chopper ditujukan untuk mendukung program swasembada daging. Cultivator ditujukan untuk peningkatan produktivitas hortikultura.   
Dengan adanya bantuan traktor roda 2, rice transplanter, pompa air, chopper dan cultivator bagi setiap Kelompok tani/  Gapoktan/ UPJA, diharapkan penerima bantuan akan memperoleh keuntungan yang signifikan dari pemanfaatan alsintan tersebut sehingga ke depan diharapkan dapat digunakan untuk menunjang kebutuhan usahanya maupun untuk membeli alsintan baru lainnya.
Siapa yang Layak?
Ada beberapa kriteria untuk bisa mendapatkan bantuan alsintan tersebut. Pertama kriteria lokasi. Ada beberapa hal yang dipertimbangkan di sini : 

  1. Diprioritaskan pada daerah sentra produksi padi (traktor roda 2, pompa air dan rice transplanter), sentra hortikultura (cultivator) dan sentra peternakan (chopper); 
  2. Mempertimbangkan kondisi lokal spesifik yang secara teknis memenuhi persyaratan untuk operasional alat dan mesin pertanian;
  3. Mempertimbangkan daerah yang tingkat kejenuhan alsin masih rendah untuk mendukung program peningkatan produksi pertanian.

 Editor : Julianto



Tidak ada komentar: